Belum Berani Trading? Mulai Dulu Dari 4 Cara Investasi Cerdas Ala Warren Buffett Berikut Ini

Siapa yang tak kenal dengan Warren Buffet? Ia adalah guru investasi dunia dan pengusaha terkaya di dunia dan paling dihormati. 

Kesuksesannya dalam berinvestasi berhasil membuat penasaran banyak orang penasaran soal strategi apa yang Warren gunakan. 

Tips Strategi Investasi Ala Warren Buffet

Setiap kali ingin melakukan investasi, Ia selalu berhati – hati dan menerapkan strateginya dengan bijak. Itulah alasannya kenapa Warren bisa se-kaya sekarang ini.

Lalu, jika Anda ingin seperti Warren Buffett, Anda wajib paham, beberapa tips dari Warren Buffet berikut.  

  1. Mencari Sumber Investasi Bisnis yang Bisa Bertahan Lama

Strategi pertama yang diterapkan oleh Warren Buffett adalah mencari sumber investasi atau bisnis yang awet. Ia beranggapan bahwa bermain dengan investasi musiman hanyalah akan membuang – buang waktu. 

  1. Membiasakan Diri Untuk Melakukan Riset dan Mencari Informasi Secara Utuh 

Menurut Warren Buffett, seorang investor tidak boleh dalam melakukan background check. Hal tersebut dimaksudkan supaya Anda sebagai Investor tau bagaimana nilai dan prospek dari perusahaan yang menjadi aset investasi Anda. 

Sebagai seorang investor, Anda tidak bisa hanya asal percaya ketika melakukan investasi. Anda juga perlu melihat prospek perusahaan untuk ke depan. Jika perusahaan tersebut prospeknya menguntungkan, maka lanjut. Namun, jika perusahaan tersebut ternyata prospeknya kurang baik lebih baik jangan.  

Menurut Warren Buffet, berinvestasi pada hal – hal yang sedang booming memang bisa menghasilkan dengan cepat. Namun, hal tersebut tidak akan bisa bertahan dengan lama. Salah satu contoh investasi yang bisa bertahan lama adalah perusahaan emas, perusahaan teknologi, makanan dan minuman. Namun, sebelum memilih perusahaan tentunya harus riset lebih dulu. 

 

  1. Fearful when others are greedy and greedy when others are fearful

Arti dari kata Fearful when others are greedy and greedy when others are fearful adalah menjadilah serakah ketika yang lain takut dan menjadilah takut ketika yang lain serakah. 

Maksud dari kata – kata ini adalah untuk menjadi cerdas dalam memanfaatkan kesempatan. Warren Buffet adalah seorang investor yang menerapkan strategi ini. Dirinya justru membeli saham ketika banyak investor yang mulai menjual sahamnya dan sebaliknya. 

Yang dilakukan Buffet pada saat itu adalah mencari celah pada saat kondisi ekonomi sedang sulit dan mengevaluasinya mana yang bisa bertahan dan bangkit setelah krisis. 

  1. Kontrol Emosi Anda Dengan Bijak 

Dalam melakukan investasi maupun trading, Anda harus bisa mengontrol emosi. Hal ini masih berkaitan dengan poin ke-3 yaitu ketika sedang masa – masa sulit, biasanya banyak investor yang kemudian menjual asetnya tanpa berpikir panjang dikarenakan takut akan mengalami kerugian yang semakin banyak. 

Tahukah Anda, hal tindakan tersebut terjadi karena Anda tidak bisa mengontrol emosi yang pada akhirnya hanya akan membuat Anda rugi besar. 

Buffet selalu bijak dalam berinvestasi dan tidak membiarkan emosinya turut andil dalam mengambil keputusan. Ketika harga turun, Ia tidak terburu – buru untuk menjualnya karena takut rugi yang lebih banyak lagi. 

Untuk menghindari hal tersebut, lakukanlah selalu background check ketika berinvestasi dan pilih perusahaan atau aset investasi yang benar – benar Anda Ketahui.   

Antara investasi dan trading, keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai perbedaan trading dan investasi. Untuk belajar lebih lanjut, Anda bisa kunjungi autotradergold.id.

Trading adalah kegiatan aktif, sedangkan investasi adalah kegiatan pasif. Maka dari itu, jika Anda ingin trading, Anda harus bersedia meluangkan waktu Anda untuk aktif duduk manis didepan komputer atau laptop. Jika Anda masih ingin trading namun tidak memiliki waktu, Anda bisa mencoba untuk menggunakan robot trading emas berna Autotrade Gold yang siap membantu Anda

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *